03/05/13

Daftar Tema Pada Pembelajaran Tematik SD Kurikulum 2013


Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. 

Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia. 

Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya. 

Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.

Berikut ini daftar tema dan alokasi waktu pada pembelajaran tematik integratif SD di kurikulum 2013
KELAS I
TEMA
WAKTU
1. Diri Sendiri
4 Minggu
2. Kegemaranku
4 Minggu
3. Kegiatanku
4 Minggu
4. Keluargaku
4 Minggu
5. Pengalamanku
4 Minggu
6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
4 Minggu
7. Benda, Binatang, dan Tanaman di sekitarku
4 Minggu
8. Peristiwa Alam
4 Minggu
KELAS II
TEMA
WAKTU
1.   Hidup Rukun
4 Minggu
2.   Bermain di Lingkunganku
4 Minggu
3.   Tugasku Sehari-hari
4 Minggu
4.   Aku dan Sekolahku
4 Minggu
5.   Hidup Bersih dan Sehat 
4 Minggu
6.   Air, Bumi, dan Matahari
4 Minggu
7.   Merawat Hewan dan Tumbuhan
4 Minggu
8.   Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
4 Minggu
KELAS III
TEMA
WAKTU
1.   Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
3 Minggu
2.   Pengalaman yang Mengesankan
3 Minggu
3.   Mengenal Cuaca dan Musim
3 Minggu
4.   Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul
3 Minggu
5.   Mari Kita Bermain dan Berolahraga
3 Minggu
6.   Indahnya Persahabatan
3 Minggu
7.   Mari Kita Hemat Energi untuk Masa Depan
3 Minggu
8.   Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari
3 Minggu
9.   Menjaga Kelestarian Lingkungan
3 Minggu
KELAS IV
TEMA
WAKTU
1.   Indahnya Kebersamaan
3 Minggu
2.   Selalu Berhemat Energi
3 Minggu
3.   Peduli terhadap Makhluk Hidup
3 Minggu
4.   Berbagai Pekerjaan
3 Minggu
5.   Menghargai Jasa Pahlawan
3 Minggu
6.   Indahnya Negeriku
3 Minggu
7.   Cita-citaku
3 Minggu
8.   Daerah Tempat Tinggalku
3 Minggu
9.   Makanan Sehat dan Bergizi
3 Minggu
KELAS V
TEMA
WAKTU
1.     Bermain dengan Benda-benda di sekitar
7 Minggu
2.     Peristiwa dalam Kehidupan
7 Minggu
3.     Hidup Rukun  
6 Minggu
4.     Sehat itu Penting
7 Minggu
5.     Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
6 Minggu
KELAS VI
TEMA
WAKTU
1.   Selamatkan makhluk hidup
6 Minggu
2.   Persatuan dalam perbedaan
5 Minggu
3.   Tokoh dan Penemu 
6 Minggu
4.   Globalisasi
6 Minggu
5.   Wirausaha
7 Minggu
6.   Kesehatan masyarakat
8 Minggu


Daftar tema dan alokasi waktu di atas didapat dari dokumen draf Kurikulum 2013 . Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt yang mendasari untuk mengintegrasikan kompetensi dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar